Resep Nasi Liwet Spesial Khas Sunda Komplit Yang Gurih Dan Enak

Advertisement
Advertisement
Resep Nasi Liwet Spesial Khas Sunda Komplit Yang Gurih Dan Enak – Nasi yang memiliki cita rasa yang begitu ciri khas dengan bumbu seperti sereh serta daun salam ditambah dengan ikan asin ini tentu begitu disukai kebanyakan orang. Terlebih bila bukanlah Nasi Liwet. Masakan ini memanglah bukan suatu hal yang baru dijagatraya perkulineran tanah air namun rasa serta enaknya yang melekat dilidah membuatnya senantiasa menginginkan dicicipi.

Bila anda tengah bertandang ke daerah Jawa Barat juga akan banyak didapati lesehan-lesehan yang menghidangkan menu paling utama nasi liwet. Tetapi tidak butuh cemas, untuk anda yang menginginkan menghidangkan resep nasi liwet di meja makan keluarga, anda dapat cobanya lewat cara pembuatan yang cukup gampang, anda dapat memasaknya pada rice cooker, panci maupun kastrol sesuai sama apa yang diinginkan anda.

Buat nasi liwet sunda lengkap pastinya senantiasa ditemani sambal pedas fresh yang lezat, ayam bakar, tahu serta tempe yang dihidangkan lewat cara digoreng atau dibakar, dan lalapan seperti mentimun, tomat, daun surawung (kemangi), kol, kacang panjang, selada dan sebagainya yang disajikan fresh segera tanpa ada di rebus.

Resep Nasi Liwet Spesial Khas Sunda Komplit Yang Gurih Dan Enak

Nasi liwet sunda ini begitu cocok bila dihidangkan pada saat hangat. Tahu goreng dapat anda berikan bumbu maupun di leburkan atau dihaluskan lalu dibuat bulat pipih lalu digoreng atau dipotong tidak tipis dengan taburan bumbu lantas dibakar.

Bahan untuk Nasi Liwet :
Beras 1/2 kg
Bawang merah 8 siung
Daun salam 3 lembar
Serai 3 batang
Pecin
Garam
Ikan asin/teri 150 gram, dan
Air 1200 ml

Bahan pelengkap untuk ayam bakar :
1 ekor ayam yang sudah dipotong-potong
Daun salam 2 lembar
Garam 2 sdk teh
Gula merah 50 gr
2 batang sereh dimemarkan
Kecap manis 3 sendok makan
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Santan dari 1 butir kelapa 1000 ml
Ketumbar bubuk 1 sendok teh

Lalu haluskan
Bawang merah 15 butir
Bawang putih 3 siung

Tahu dan tempe yang digoreng atau dibakar
Sambal terasi atau sambaal goang pedas segar
Aneka lalapan
Setelah semua bahan-bahan sudah siap, sekarang beralih ke resep cara membuat nasi liwet komplit. ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Untuk Nasi Liwet
Cuci beras hingga bersih, lalu masukkan beras dalam rice cooker / panci / kastrol.
Tambahkan air dan semua bahan yang telah disediakan lalu aduk hingga rata.
Setelah merata, tutup lalu masak hingga nasi matang, lalu angkat dan siap untuk di hidangkan

Untuk Ayam Bakar
Campurkan bumbu halus bersama dengan santan, daun salam, sereh, masak sambil di aduk hingga harum. Masukkan garam, gula merah, kecap manis dan ketumbar bubuk, aduk rata.
Masukkan ayam, lalu masak sambil sesekali di aduk hingga matang
Bakar ayam sambil di oles dengan sisa bumbu yang telah di tambahkan dengan 1 sendok makan minyak goreng. Bakar hingga kecoklatan dan matang.
Sajikan nasi liwet bersama dengan ayam bakar, tahu tempe, sambal sebagai cocolan dan lalapan.

Nasi liwet yang begitu popular yaitu nasi liwet Solo serta nasi liwet Sunda, anda bisa memakai penambahan lauk sesuai sama daerah semasing. Penambahan nasi liwet yang begitu umum mungkin ditukar dengan menu pilihan keluarga anda. Memakan nasi liwet benar-benar sangat enak jika bersama, berikut kenapa nasi liwet jadikan jadi menu andalah saat event dengan keluarga.

Sesudah anda coba nasi liwet tradisionil yang sederhana ini, begitu juga ami sajikan resep soto ayam dan masih banyak lagi yang lainnya, anda bisa sharing dengan rekan serta keluarga anda lewat akun media sosial di facebook d, twitter serta yang lain. Selamat coba.

Advertisement