Resep Cara Membuat Kue Nastar Selai Nanas

Advertisement
Advertisement
Resep langkah bikin nastar - Terlebih dulu saya telah pernah sharing resep bolu kukus yang so delicious rasa-rasanya. Serta kesempatan ini kita bakal coba bikin kue yang mengingatkan kita pda hari lebaran, yakni kue nastar.

Yaaap, kue yang satu ini mempunyai ciri khas, yakni selai nanas di dalamnya. Ada pula yang memakai selai bluberi, strobery serta lain sebagainya. Kue ini berupa bulat serta umumnya ada topping diatasnya, seperti potongan cengkeh atau kismis.

Kata nastar sendiri datang dari bhs belanda, yakni ananas serta tart yang berarti tart nanas. Kue nastar ini adalah satu diantara type kue yang paling banyak disukai terlebih pada hari-hari raya, seperti Idul Fitri, Natal, serta th. baru Imlek. Segera saja, tersebut step by step langkah bikin kue nastar :

Resep Cara Membuat Kue Nastar Selai Nanas

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :
150 gram margarin
100 gram butter
90 gram gula halus
50 gram susu bubuk
350 gram tepung terigu protein rendah
3 butir kuning telur
1/2 sendok teh vanili bubuk

Bahan untuk Selai Nanas :
1 buah nanas, diblender atau diparut
200 gram gula pasir
2 butir cengkeh
2 batang kayu manis

Bahan untuk Olesannya :
2 buah kuning telur
1/2 sendok teh air
1/2 sendok teh madu

Membuat Selai Nanas dan Olesan untuk Nastar
Pertama-tama, masak terlebih dahulu nanas yang sudah diblender/ diparut, kayu manis dan cengkeh hingga air menyusut. Kemudian masukkan gula pasir, lalu aduk hingga selai menjadi padat dan dapat dibentuk.

Langkah selanjutnya adalah dengan membentuk selai tadi menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai selera anda. Jangan membentuk selai terlalu besar, karena akan menyebabkan selai keluar dan membuat kulit nastar menjadi retak.

Untuk olesannya, masukkan 2 buah kuning telur dan tambahkan 1/2 sendok teh air dan 1/2 sendok madu, kemudian aduk hingga tercampur rata.

Membuat Kulit Nastar
Langkah selanjutnya yaitu membuat kulit nastar. Silakan masukkan margarin, gula halus, butter, dan vanila bubuk ke dalam wadah (mangkok mixer), kemudian kocok menggunakan mixer sebentar saja, yang penting adonan tercampur rata. Lanjutkan dengan memasukkan kuning telur satu per satu.

Setelah itu, masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit, kemudian aduk adonan menggunakan sendok kayu/ spatula hingga tercampur rata.

Selanjutnya, ambil sedikit adonan untuk dibentuk. Untuk sisanya (adonan B), silakan dibungkus dengan plastik wrap dan masukkan ke dalam kulkas.

Giling adonan dengan ketebalan kira-kira 1/2 cm. Sebelum menggiling adonan, jangan lupa memberikan alas plastik di kedua sisi. Cetak bundar dengan gelas berdiameter kira-kira 5 cm. Kemudian ambil satu bagian, isi dengan selai dan bentuk bulat.

Lakukan langkah yang sama seperti pada nomor 5, kemudian tata semua adonan yang sudah diberi selai dan dibentuk bulat tadi di atas loyang yang beralas kertas roti/ kertas minyak. Kemudian masukkan juga ke dalam kulkas.

Ambil adonan yang belum dibentuk (adonan B) kemudian lakukan seperti yang terdapat pada nomor 5.

Jika seluruh adonan sudah dibentuk dan diberi selai, silakan masukkan semuanya ke dalam kulkas dan tunggu hingga 1/2 jam agar adonan terakhir yang anda buat tadi agak lama berada dalam kulkas.

Selanjutnya, panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius.

Keluarkan nastar dari kulkas dan panggang selama kurang lebih 20 menit. Jika oven yang anda gunakan mempunyai ukuran yang lumayan besar, anda dapat memanggang semua adonan nastar sekaligus. Tapi jika tidak, silakan anda panggang terlebih dahulu adonan nastar yang pertama, kemudian dilanjut dengan adonan nastar yang kedua.

Panggang selama kurang lebih 20 menit, kemudian keluarkan nastar dari oven dan jangan lupa olesi pemukaan nastar. Selanjutnya, masukkan kembali ke dalam oven dan tunggu selama 15 menit hingga warna permukaan nastar kuning kecoklatan.

Keluarkan dari oven, dinginkan, dan santap kue nastar buatan anda bersama keluarga tercinta.

Demikian yang dapat kami bagikan "Resep Cara Membuat Kue Nastar Selai Nanas" seperti sebelumnya kami telah berbagi resep kue kering, resep kue basah, dan masih banyk lagi yang lainnya, semoga dengan adanya artikel kami ini dapam bermanfaat dan selamat mencobanya.

Advertisement